Inilah Kekurangan dan Kelebihan Nokia 7 Plus yang Harus Kamu Tahu

Nokia kembali masuk ke pasar handphone dalam sistem operasi Android. Nokia seakan ingin kembali menghidupkan kejayaannya dulu. Tahun 2018 lalu, akhirnya Nokia mengikut tren HP layar penuh, meskipun harus diakui langkahnya tergolong terlambat. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Beberapa seri HP Nokia layar penuh sudah hadir, salah satunya lewat Lewat Nokia 7 Plus.

Meski keluaran yang cukup lama, akan tetapi Nokia 7 Plus masih menjadi salah satu bintang HP Android dari brand ternama tersebut. Hal ini dikarenakan beberapa spesifikasi yang ditawarkan sedikit berbeda daripada perangkat lain di segmen pasar yang sama.

Bagi kamu yang mungkin tertarik untuk membeli perangkat baru atau bekasnya, mari kita simak lebih lanjut mengenai spesifikasi hingga kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh produk andalan Nokia yang satu ini.

Spesifikasi Nokia 7 Plus

kekurangan dan kelebihan Nokia 7 Plus.

Layar: IPS LCD, 6 inch
Resolusi: 1080 x 2160 pixels
Rasio: 18:9
Chipset: Octa Core 4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8GHz Kryo 260
GPU: Adreno 512
Memori Internal: 64GB ROM, 4GB RAM
Memori Eksternal: microSD hingga 256GB
Kamera Belakang: Dual 12 MP (f/1.75, 1.4 µm) + 12 MP (f/2.6, 1.0 µm), gyro EIS, dual pixel phase detection autofocus, 2x optical zoom, Carl Zeiss optics, dual-LED dual-tone flash
Kamera Depan: 16 MP (f/2.0, 1.0 µm), Carl Zeiss optics, 1080p
Baterai: Non-Removable Li-Ion 3.800 mAh

Kekurangan dan Kelebihan Nokia 7 Plus

Nokia 7 Plus ini ditempatkan sebagai ponsel kelas menengah. Kelasnya berada di kluster yang sama dengan Samsung Galaxy A8 (2018), Vivo V9 6GB, Samsung Galaxy A8 Star, Oppo F9, Xiaomi MI A2, dan lainnya. Persaingan ponsel di kelas menengah ini memang cukup ketat karena Nokia 7 Plus harus memiliki nilai lebih agar bisa dilirik.

Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan Nokia 7 Plus? Simak terus sampai habis ya

Kekurangan Nokia 7 Plus

kekurangan dan kelebihan Nokia 7 Plus.

1. Kamera Kurang Memuaskan Saat Low-Light

Meski dalam kondisi cahaya terang nampak sangat baik, akan tetapi berkebalikan ketika perangkat ini digunakan untuk memotret objek dalam kegelapan. Perangkat ini juga tidak memiliki software kamera memadai, namun pengguna dapat mengakalinya dengan pakai Google Camera yang katanya bisa hasilkan jepretan yang lebih baik.

2. Tampilan Layar Kurang Maksimal

Nokia 7 Plus sudah mengusung layar dengan rasio modern, 18:9. Layarnya mengusung dimensi 6 inch dengan resolusi Full HD+. Layarnya menggunakan tipe IPS dengan tampilan layar yang cukup jernih dan baik.

Kontras layar ponsel ini sebenarnya sudah sangat baik, hanya saja kecerahan maksimum 432nits pada ponsel ini tidak terlalu bagus untuk sebuah ponsel dengan panel IPS LCD

3. Hybrid Dual SIM

Bagi pengguna single SIM tentu bukan jadi masalah, hanya saja ketika pengguna menginginkan dual SIM dan penambahan kapasitas penyimpanan, tentu ini akan jadi persoalan tersendiri, lantaran harus salah satu slot yang dikorbankan untuk pembekalan memori tersebut.

Kelebihan Nokia 7 Plus

kekurangan dan kelebihan Nokia 7 Plus.

1. Body Solid dan Mewah

Untuk segmen pasar kelas menengah, Nokia 7 Plus memiliki body yang sudah premium, dimana perangkat ini telah diukir dari blok 6000 seri alumunium. Terlebih bahannya telah dicampur dengan coating yang membuat perangkat terkesan seperti keramik.

Pada beberapa bagian juga terdapat lapisan metal yang menjadikan perangkat ini lebih kokoh dan tahan terhadap benturan dalam jarak tertentu. Kemudian ada juga aksen warna hitam murni dan krom emas, yang menjadikan casing dari Nokia 7 Plus makin mewah.

2. Performa Mantap

Dengan menggunakan chipset Snapdragon 660 dan memori internal RAM 4GB, HP Android ini menawarkan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan Samsung Galaxy A8 (2018). Lebihnya, perangkat ini juga tidak gampang panas saat dipakai performa agak berat sekalipun.

Ketika dilakukan uji coba terhadap beberapa game seperti Arena of Valor, Asphalt8, dan Mobile Legends bisa dengan lancar dimainkan.

3. Fitur NFC dan Type-C

Kelebihan lain dari Nokia 7 Plus adalah dukungan fitur NFC. Untuk kelas menengah, fitur ini semakin dibutuhkan karena itu kehadiran fitur NFC jadi kelebihan lain dari Nokia 7 Plus. Selain NFC, Nokia 7 Plus juga sudah mendukung port USB Type-C. Hal ini cukup baik mengingat masih ada ponsel lain di kelas menengah yang masih menggunakan port micro USB.

Satu kelebihan lain dari Nokia 7 Plus yang tidak jadi highlights adalah Nokia OZO. Fitur ini sangat membantu untuk mereka yang membutuhkan ponsel dengan rekaman audio yang baik. Nokia OZO pada Nokia 7 Plus kurang lebih memiliki kinerja yang sama seperti Nokia OZO pada Nokia 8, yakni kemampuan merekam dengan tiga mic yang mampu merekam suara secara spesial.

4. Daya Tahan Baterai Awet

Meski hanya menawarkan baterai 3.800 mAh saja, akan tetapi HP Nokia satu ini bisa memiliki ketahanan baterai 87 jam, waktu bicara 21 jam 36 menit, main sosmed 11 jam 10 menit, dan mainkan video selama 11 jam 42 menit.

Selain itu, Nokia juga telah menyematkan kemampuan Fast Charging 18W, yang membuat perangkat ini bisa melakukan pengisian 43% untuk waktu 30 menit, dan 75% dalam waktu sejam.

5. Android Murni

Tidak sama seperti HP Android di pasaran lainnya, karena Nokia benar-benar menggunakan OS dari Google langsung tanpa adanya polesan lagi layaknya MIUI, One UI, dan lain sebagainya. Dengan demikian proses update sistem operasi yang bisa didapatkan oleh pengguna HP Nokia dapat bergulir lebih cepat ketimbang perangkat lain.

Nah itulah ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan Nokia 7 Plus. Tertarik membelinya? semoga membantu